Simulasi Protokol XMPP menggunakan Ejabberd dan Pidgin

Dalam post ini, kami akan melakukan review terhadap protokol XMPP yang telah kami uji secara simulasi. Pada simulasi protokol XMPP ini, digunakan beberapa simulation tool, yang diantaranya:
–  Virtual Box, yang telah dilengkapi dengan OS Ubuntu 12.04
– Ejabberd: Merupakan server XMPP, bersifat open source, dibangun untuk membangun sistem komunikasi messaging yang bersifat kritis yang ditulis dalam bahasa pemrograman Erling. Ejabberd mampu diimplementasikan pada sistem operasi apapun yang berbasis linux. Keunggulan Ejabberd diantaranya:
– Cross platform
– Fault tolerant
– Dapat diklusterkan
– Modular
– Verssatile
– Scalable

– Pidgin : Aplikasi chat klien yang bersifat cross platform, memungkinkan komunikasi antar klien chat yang berbeda, dengan kata lain pengguna Pidgin dapat berkomunikasi pada klien IRC, YM, MSN Messenger, dan lain-lain. Pidgin kami gunakan dalam simulasi untuk menguji kemampuan yang dimiliki protokol XMPP dalam hal latency.

Berikut merupakan tahap preparasi sebelum memulai simulasi, diantaranya:

1. Pada machine yang terinstalasi OS Ubuntu, lakukan konfigurasi jaringan pada machine yang telah terinstall OS Ubuntu dengan konfigurasi sebagai berikut:

6

2. Jalankan OS Ubuntu, login, jalankan terminal, kemudian lakukan instalasi ejabberd dan pidgin dengan syntax ; apt-get -y install ejabberd, dan apt-get install pidgin.

3. Lakukan konfigurasi password admin ejabberd dengan mengubah value password menjadi password yang akan kita pakai dengan syntax

ejabberdctl register admin localhost password 

4. Lakukan modifikasi pada EJabberd.cfg (terletak pada etc/ ejabberd/ejabberd.cfg dengan mengubah line seperti dibawah

%% Admin user
{acl, admin, {user, "admin", "localhost"}}.

%% Hostname
{hosts, ["localhost"]}.

5. Lakukan restart service pada ejabberd dengan menginput syntax; service restart ejabberd.

6. Buka browser dan buka alamat localhost:5280/admin, kemudian anda diminta untuk  memasukkan username dan password admin, setelah berhasil login, maka anda akan masuk ke admin page ejaberd 2.

10

7. Untuk menambahkan client user, klik virtual host->local->user, kemudian inputkan user dan password. Untuk pengujian ini kita akan menambahkan hingga empat client.

1

8. Jalankan pidgin, kemudian mulai tambahkan user dengan username dan password yang sama di ejabberd, untuk domain gunakan ip address (inet addr) pada eth1. Buat lebih dari 1 user dengan tujuan menguji komunikasi antar device android yang diuji.

4
118

9.  Untuk klien chat kami menggunakan app Yaxin pada platform Android dengan konfigurasi sebagai berikut :
– Pastikan device android yang digunakan terhubung pada satu jaringan yang sama, dengan komputer utama terinstall ejabberd dan pidgin sebagai server
– Buatlah konfigurasi user yang akan digunakan pada Yaxin dari ejabberd.
– Login menggunakan username dan password yang telah dikonfigurasikan pada ejabberd.
– Konfigurasi tentang IP Address dan server dapat diganti dengan bebas, sesuai dari penyedia jasa chat suatu server.
– Untuk mampu berkomunikasi, pada android device tambahkan buddy yang berupa username ejabberd.
– Lakukan uji coba messaging antar buddy (device android).

14
Topologi dari simulasi yang dilakukan

Pada simulasi yang kita lakukan, kami dapat memjelaskan bahwa protokol XMPP yang digunakan cukup handal, khususnya pada low-latency yang dimiliki protokol XMPP. Walaupun penggunaan sumber daya yang tidak sedikit, protokol XMPP dibuktikan dapat diimplementasikan pada WSN untuk komunikasi real-time berlatensi rendah.