Review Paper: Soil Moisture Sensor

     Soil moisture sensor adalah sebuah sensor yang digunakan untuk pengukuran suatu kelembapan tanah. Cara kerja dari sensor ini yaitu dengan memberi output berupa besaran listrik sebagai dampak adanya air yang berada diantara lempeng kapasitor sensor tersebut.

    Ada dua sensor untuk mengukur kelembaban tanah, yaitu sensor SEN0114 dan VN400. Dengan spesifikasi SEN0114 yaitu pada tegangan 3,3 – 5 , ber arus rendah +- 35 mA, dan nilai output 0-4,2 V. Spesifikasi VN400 yaitu output 0-3 V, rentang ukur -40 sampai -80 derajat Celcius, arus 2%. VN400 akan membaca nilai kelembaban tanah berdasar konstanta dielektrik tanah. Diukur dengan transmission-line technique saat dialiri listrik oleh sensor. Nilai kelembaban sensor VN400 antara 29,34%-56,78%. SEN0114 berkisar 68-69%. Menggunakan adruino untuk membaca output sensor kelembaban tanah.

   Salah satu jenis dari soil moisture sensor, seperti Gypsum block soil moisture tension sensors adalah salah satu jenis soil moisture sensor dan menggunaan unit pembacaan yang sama sebagai tensiometer standar. Merupakan salah satu produk pemantauan kelembaban tanah dengan biaya paling murah. Hal yang dibutuhkan dalam melakukan penginstallan gypsum block yaitu :
–              Masking Tape
–              Trowel
–              ember dan air
–              GBreader
–              12mm dowel, dengan panjang 1,2m
–              Dry builder sand
Dalam penginstalannya, yaitu dengan menginstall sensor di empat kedalaman yang berbeda, pada diameter antara 10-15 cm dan berpusat langsung dibawah dripper tersebut, jangan lupa untuk menandai lokasi penempatan untuk memudahkan pemasangan. Install atau pasang tiap sensor pada tiap lubang. Menyusun blok secara vertical dapat menyebabkan kebocoran kedalam lubang, dan akan menyulitkan dalam penggantian sensor saat dibutuhkan.

premarked

Gypsum block ini Menggunakan konektor irigasi ber teganan rendah.

senso

Link Source: 

http://www.instructables.com/id/Soil-Moisture-Sensor/ [8 September 2015]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *